The Nouv Website

| Music is Broad with Unlimited Style |

Rock (0)

1/09/2009 by , under

Musik rock adalah sebuah kategori musik yang sangat luas sehingga masing-masing pun dapat memfokuskan definisi mereka sendiri berdasar ciri. Seperti musik Elvis yang kemudian disebut Rockabilly, Dylan sebagai folk, Nirvana sebagai grunge, atau Hendrix sebagai perpaduan antara blues dan jazz. Kesemua mereka memiliki prinsip musikal, lirik dan performa yang berbeda-beda.

Dari sudut pandang teori, musik rock merupakan satu genre besar yang terdiri dari penggabungan bermacam unsur. Jika kita runut lagi secara seksama, ternyata musik kulit hitam merupakan pusat dari perpaduan ini, yang kemudian bertemu dan mengalami penyesuaian dengan beragam musik lain.

Musik rock juga bisa dipandang dari penggunaan teknologi nya. Contohnya, musik rock sangat bergantung pada kepiawaian dalam meracik sound di studio. Musik rock sangat berkaitan dengan transimisi sound, termasuk pemunculan noise dan proses eksperimental lain yang bisa memperluas batasan kategorisnya. Jika ditilik lagi, alangkah pesatnya perkembangan musik rock berkat disahkannya pendayagunaan teknologi. Dengan begitu, pemanfaatan teknologi pun memegang peran yang sangat sangat penting.

Musik rock juga sering dihubungkan dengan karakteristik sosial, terutama anak muda. Di tahun 50-60an, inilah penyebab utama yang menjadikan musik rock menjadi ikonik dan ideologis. Musik jenis ini melambangkan semangat pemberontakan dan penolakan terhadap hegemoni yang konvensional, mulai dari penulisan lirik yang frontal hingga penampilan rebelius yang tercitra dari sang idola.

Musik rock, memang tidak akan selesai dibahas dengan memandang dari sudut yang sempit. Ada banyak hal yang mendukung pengkarakterisasiannya. Namun, luasnya cakupan pengertian ini akan menghadirkan pula ambiguitas yang semakin memperluas definisinya yang bahkan belum selesai ditetapkan.



| edit post

0 Reply to "Rock"

Posting Komentar